Syarat-syarat membangun Rumah sehat


3:03 am

Rumah tempat tinggal harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membuat nyaman keluarga yang tinggal di dalamnya. Untuk membangun sebuah rumah yang sehat, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi, mulai dari lantai hingga pemasangan jendela.

Lantai rumah unik untuk rumah yang sehat

Pemasangan lantai rumah

Yang pertama adalah tips memasang lantai rumah. Jenis lantai rumah dibagi menjadi beberapa macam. Ada lantai rumah yang dibuat menggunakan bahan ubin atau semen, dan juga ada lantai yang dibuat hanya menggunakan tanah yang dipadatkan saja.

Model rumah bertingkat dengan ventilasi baik

Untuk membuat sebuah lantai yang bagus dan sehat bagi penghuni rumah adalah lantai tersebut tak boleh berdebu saat musim kemarau tiba. Begitu pula saat musim hujan lantai tidak boleh becek. Lantai yang berdebu dan basah adalah sarang penyakit.

Luas bangunan rumah

Anda harus menyesuaikan luas bangunan rumah dengan jumlah total penghuni di dalam rumah. Apabila luas bangunan tak sebanding dengan total jumlah penghuninya, dapat mengakibatkan kondisi overcrowded.

Kondisi overcrowded kurang baik untuk kesehatan penghuni rumah, sebab dapat menyebabkan oksigen dalam rumah jadi berkurang, dan memudahkan penularan penyakit infeksi sesama penghuni rumah. Intinya rumah menjadi kurang sehat dan menjadi tidak nyaman untuk ditinggali.

Desain 3D rumah sehat minimalis dan sederhana

Ventilasi harus baik

Dalam sebuah rumah yang sehat, pengaturan ventilasi sangat penting dan berpengaruh besar.

Fungsi ventilasi rumah itu ada banyak. Salah satu fungsi ventilasi adalah menjaga supaya aliran udara dalam rumah tetap fresh. Di mana itu berarti keseimbangan oksigen yang dibutuhkan oleh penghuni rumah terjaga dengan baik.

Apabila ventilasi dalam rumah kurang, maka asupan oksigen dalam rumah pun dapat berkurang, dan kadar karbondioksida meningkat, yang berarti level racun di dalam ruangan rumah meningkat.

Tak hanya itu saja, apabila ventilasi dalam rumah kurang maka dapat mengakibatkan tingkat kelembaban udara dalam ruangan meningkat. Bakteri penyebab penyakit dapat berkembang biak dengan cepat dalam ruangan dengan kelembaban tinggi. Tetapi dengan adanya ventilasi udara yang baik, maka perkembangbiakan bakteri patogen dapat dikurangi, karena udara yang mengalir terus menerus. Jadi bakteri penyebab penyakit akan terbawa oleh udara keluar ruangan.

Penerapan ventilasi udara yang baik pada sebuah rumah

Ventilasi alamiah dan ventilasi buatan

Apabila berbicara tentang pemasangan ventilasi rumah, maka ventilasi itu terbagi ke dalam 2 macam, yaitu ventilasi alamiah dan buatan. Apakah perbedaan di antara keduanya?

Untuk ventilasi alamiah, aliran udara dalam ruangan mengalir secara alamiah, dari pintu, jendela, lubang angin, dan lubang di dinding. Tetapi ventilasi alamiah tidak menguntungkan sebab dapat menjadi jalan masuk nyamuk. Serangga pengganggu lain yang berukuran kecil juga kerap masuk ke dalam rumah melewati ventilasi alamiah ini.

Yang berikutnya adalah ventilasi buatan. Ventilasi buatan adalah memakai alat-alat khusus yang berfungsi mengalirkan udara. Contoh dari ventilasi buatan adalah kipas angin dan exhaust fan.

Ventilasi buatan tak cocok bagi rumah-rumah di daerah pedesaan. Untuk penggunaan ventilasi buatan, aliran udara harus benar-benar diperhatikan. Jadi udara harus tetap bisa mengalir dengan baik, jika tidak sama saja tidak ada fungsinya untuk kesehatan penghuni rumah. Ruangan di dalam rumah wajib memiliki jalan masuk udara dan jalan keluarnya. Hal ini sering terlupakan oleh orang-orang yang menggunakan system ventilasi buatan. Artikel lainnya contoh denah rumah yang dibangun di lahan memanjang.

Memang yang terbaik tetap adalah kombinasi antara ventilasi alamiah dan ventilasi buatan. Proporsi antara keduanya harus seimbang. Jangan pelit-pelit memasang ventilasi alamiah di ruangan dalam rumah Anda. Sebab ventilasi ini penting dalam menunjang kesehatan penghuni rumah. Jendela yang merupakan ventilasi buatan juga merupakan jalan masuknya cahaya.