Pasang cooker hood untuk dapur yang bersih dan nyaman untuk memasak


10:52 pm

Sebelum membahas cooker hood, Anda harus mengetahui ini. Dapur walaupun sudah didekorasi sedemikian rupa sehingga terlihat luas, bersih, dan modern, namun jika saat memasak dipenuhi asap maka akan menjadi tidak nyaman.

Type slim hood

Asap yang mengepul dan tidak keluar karena ventilasi kurang akhirnya membuat dapur terasa pengap. Anda yang sering menggunakan dapur apabila membiarkan hal ini terus menerus terjadi bisa tidak sehat. Jadi hal ini memang tidak boleh dipandang remeh.

Cooker hood solusinya

Jika Anda tidak ingin membuat lubang udara karena dianggap merepotkan atau kondisi tidak memungkinkan untuk membuat lubang udara, maka Anda bisa memasang cooker hood.

Sesungguhnya apakah cooker hood ini?

Di jaman modern sekarang ini memang peralatan dapur semakin banyak. Cooker hood juga termasuk salah satunya. Tetapi sepertinya ini bisa lebih disebut dengan perabotan dapur, karena ukurannya yang besar dan permanen.

Cooker hood dari bahan stainless

Fungsi

Adapun fungsi cooker hood adalah untuk menghisap bau tak sedap, asap ketika Anda memasak. Dengan begitu udara di dapur akan menjadi lebih bersih. Jadi cara kerjanya yakni dengan menghisap asap yang dihasilkan saat Anda memasak, kemudian asap tersebut akan dikeluarkan oleh cooker hood ke luar rumah secara otomatis.

Contoh built in hood

Memasang cooker hood

Anda juga perlu mengetahui lokasi memasang cooker hood. Untuk yang model Chimney, cooker hood dipasang dengan menggantung ke plafon ruang dapur. Selain model Chimney, juga ada built-in hood, island hood dan slim hood.

Beberapa model cooker hood didesain untuk dapur kecil. Ciri-cirinya adalah lebih hemat space.

Model island cooker hood di tengah dapur

Island hood

Untuk yang model island hood, jadi cooker hood dipasang pada lokasi tengah ruang dapur.

Dengan banyaknya variasi cooker hood maka tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak menggunakannya. Ya, kecuali alasan biaya, maka kami tidak dapat berkata apa-apa lagi. Tetapi tetap kami sarankan apabila ventilasi dapur Anda kurang baik dibandingkan mengambil resiko terhadap kesehatan Anda dan keluarga, lebih baik berinvestasi untuk memasang cooker hood tersebut.

Ukuran kompor

Salah satu tips yang harus Anda ingat sebelum memasang cooker hood adalah memperhatikan ukuran kompor. Sebelumnya Anda sudah mengerti bahwa fungsi cooker hood adalah menghisap asap yang dihasilkan saat Anda memasak.

Nah …

Karena itu usahakan untuk membeli cooker hood dengan ukuran lebih besar dibandingkan ukuran kompor Anda. Jadi asap yang dihasilkan pun akan bisa terhisap dengan sempurna, tidak ada yang tersisa di ruang dapur.

Perhatikan jarak pemasangan

Anda juga harus memperhatikan jarak cooker hood dengan kompor yang Anda gunakan. Ini merupakan faktor yang benar-benar penting jika Anda tak ingin cooker hood yang Anda pasang sia-sia. Berapakah jarak yang ideal antara cooker hood dengan kompor, yakni 60 sampai dengan 90 cm. Sementara jika Anda menggunakan kompor gas, jaraknya kurang lebih 70 cm.

Type Chimney cooker hood

Apabila menggunakan kompor kecil, rata-rata orang-orang memasang cooker hood dengan jarak 60 cm. Jarak 90 cm untuk kompor berukuran lebih panjang. Artikel lainnya model teras rumah modern.

Besar lubang hisapan

Juga beragam, Anda bisa menemukan yang 400 m3/jam – 800 m3/jam.

Tips saat Anda hendak memasang cooker hood dengan besar lubang hisapan berapa. Ini tergantung berapa besar dapur Anda. Juga jangan lupakan faktor-faktor sebelumnya. Untuk kekuatan daya isap dan motor yang digunakan itu bergantung seberapa banyak asap yang dihasilkan, yaa.. Jadi tergantung pada Anda sering memasak apa.

Cooker hood juga wajib dibersihkan dengan rutin. Untuk bagian luar 1 minggu 1x, dan bagian dalam karena agak merepotkan 1 bulan 1x sudah oke.