Desain rumah minimalis tanpa menggunakan atap genteng


12:35 am

Rumah minimalis memang sekarang merupakan model rumah favorit, sebanyak 80% orang-orang lebih memilih menggunakan konsep minimalis baik untuk interior dan eksterior rumah mereka. Jika Anda tertarik menggunakan konsep yang sama, ada ide yang menarik untuk Anda coba terapkan, yakni membangun sebuah hunian minimalis yang tanpa atap genteng.

Rumah modern dengan tanpa atap genteng

Tanpa atap genteng, jadi ada kelebihan dan kekurangan yang didapatkan

Memang atap genteng membuat kesan modern menjadi berkurang. Jadi untuk meningkatkan atmosfir modern pada fasad rumah minimalis salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencari alternatif atap genteng. Biasanya dengan membuat rumah beratap datar. Tentunya dengan saluran pembuangan air juga.

Mengenal genteng

Apabila Anda belum tahu, genteng itu digunakan sejak lama sebagai bahan utama atap. Kebanyakan orang-orang di desa dan kota besar masih menggunakan atap genteng.

Jadi jika memutuskan untuk membangun sebuah rumah minimalis tanpa menggunakan atap genteng, seperti membangun rumah tanpa atap. Padahal sesungguhnya rumah tersebut masih menggunakan atap. Ya, kurang lebih hanya masalah pola pikir saja.

Dalam praktek kali ini Anda tidak lagi menggunakan genteng untuk atap. Sebagai gantinya untuk melindungi dari hujan dan panas terik matahari rumah minimalis menggunakan dak, atau yang juga dikenal dengan istilah cor.

Memanfaatkan balkon di atap datar

Kelebihan

Tentunya sebuah rumah minimalis yang tidak lagi menggunakan atap genteng memiliki kelebihan tersendiri. Apa sajakah kelebihan tersebut?

Dengan Anda memutuskan tidak menggunakan atap genteng, maka yang pasti Anda dapatkan adalah kesan kuno pada rumah menjadi hilang. Desain eksterior rumah akan meningkat. Karena itu sekarang ini banyak orang yang menginginkan sebuah hunian dengan tampilan modern tidak lagi menggunakan atap genteng. Termasuk pada berbagai bangunan apartemen modern jaman sekarang. Anda bisa melihat tidak ada lagi yang menggunakan atap genteng.

Termasuk banyaknya bangunan hotel di jaman sekarang ini …

Tampilan rumah tidak hanya akan terlihat lebih modern saja tetapi juga lebih unik. Karena Anda akan menggunakan dak. Rumah yang menggunakan type atap ini cukup disukai oleh masyarakat jaman sekarang. Karena kesan modern dan unik tersebut.

Ide rumah memakai atap cor

Alasan mengapa rumah yang menggunakan atap cor menjadi lebih unik dikarenakan bentuk rumah jadi berbeda apabila Anda bandingkan dengan yang lain. Dan perbedaan akan menjadi tampak jelas apabila Anda bandingkan dengan sebuah rumah yang masih menggunakan atap genteng.

Apabila sebuah rumah minimalis memakai atap cor maka bagian atas rumah akan terlihat datar. Kesan simpel akan Anda dapatkan.

Space atas rumah bisa difungsikan

Karena dibuat datar, maka Anda bisa memanfaatkan space di atap rumah. Anda cukup memasang pintu keluar menuju kawasan tersebut.

Contoh rumah tanpa atap genteng dengan balkon keren

Karena space cukup luas, Anda bisa memanfaatkan bagian atap rumah minimalis untuk berbagai keperluan. Biasanya orang-orang memanfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat jemuran baju. Tetapi ada juga yang membuatnya menjadi balkon dan digunakan untuk tempat berkumpul dengan teman-teman dan saudara.

Saat Anda hendak bersantai kala malam hari, maka Anda juga bisa duduk-duduk di balkon sembari melihat bintang-bintang. Semua itu tidak akan dapat Anda lakukan jika Anda masih menggunakan atap genteng. Artikel lainnya dekorasi interior pop art.

Kekurangan

Ada kekurangan dari menggunakan atap cor. Karena bentuknya datar maka ada potensi saat hujan air jadi tergenang. Air pun mengisi lubang, dan bisa mengakibatkan air merembes. Hingga akhirnya menjadi kotor karena ada noda tertinggal. Solusinya yakni Anda harus membuat posisi atap 300 – 400 derajat agak miring. Tujuannya agar air hujan bisa mengalir tanpa halangan. Tambahkan juga waterproof di atap.