Desain kandang kambing dari bambu dan bahan lainnya


8:08 am

Apabila Anda memelihara kambing hingga beberapa ekor maka pembuatan kandang itu sangat dibutuhkan. Tetapi kandang yang dibuat harus dengan desain yang baik. Dengan begitu kambing akan tumbuh dengan sehat.

Kambing yang penyakitan akan terjual murah. Itu dapat dipengaruhi oleh kondisi kandang kambing. Di mana kandang kambing yang kotorlah yang menyebabkan kambing menjadi tidak sehat.

Jika ini kali pertama Anda memelihara kambing tidak perlu khawatir …

Ciri kandang kambing yang baik

Bagaimana sesungguhnya ciri-ciri dari kandang kambing yang baik itu? Jadi kandang kambing yang baik (Sehat) yakni kandang kambing dengan desain yang sesuai. Proses pembuangan kotoran kambing dan tempat menaruh makanan kambing harus didesain di posisi yang tepat dan dengan desain yang fungsional.

Model atap kandang kambing

Sekarang banyak yang membagikan desain kandang kambing di internet. Tetapi tidak semuanya memenuhi syarat. Ada beberapa yang asal bagi tanpa tahu kualitas dari kandang kambing tersebut sehingga akhirnya Anda pun harus redesain lagi.

Bahan-bahan pembuatan kandang kambing

Dalam proses membuat kandang kambing itu sendiri membutuhkan beberapa material. Di mana material tersebut dapat Anda temukan dengan mudah di sekitar. Karena menggunakan bahan-bahan yang sudah umum dan harga perolehannya pun murah.

Berikut merupakan daftar beberapa bahan tersebut, yakni: bambu, kayu, asbes, kawat anyaman, genteng, papan, pipa, triplek, dan lain-lain. Material-material tersebut dapat Anda beli di toko bangunan terdekat. Material dasar pembuatan kandang kambing bergantung pada jenis kandang kambing yang memang Anda perlukan juga bergantung jenis kambing yang hendak dipelihara sebab terdapat berbagai jenis kambing.

Model kandang minimalis untuk kambing

Dengan kandang kambing dibuat berdasarkan jenis kambing yang dipelihara maka kambing pun dapat beradaptasi dengan lebih mudah. Di negara Indonesia terdapat jenis kambing hingga lebih dari 10 macam. Masing-masing membutuhkan perawatan yang berbeda.

Jenis-jenis kambing di negara Indonesia

Berikut merupakan daftar beberapa jenis kambing tersebut, yakni: kambing Kacang, kambing Boer, kambing Etawa (Jamnapari), kambing Peranakan Etawa, kambing Jawarandu (Gumbolo, Bligon, Kacukan, dan Koplo), kambing Gembrong, kambing Saanen, kambing Kosta, kambing Samosir (Kambing Batak, Putih), kambing Muara, kambing Boerawa, dan kambing Marica.

Model kandang kambing modern

Sebuah kandang kambing modern menggunakan model panggung. Model seperti ini bisa memaksimalkan kesehatan kambing dan juga menjaga kebersihan kandang dengan lebih baik. Untuk masalah pengendalian penyakit pun akan menjadi lebih mudah dengan model kandang kambing panggung.

Alasannya karena kotoran kambing padat dan urin tak akan menempel di lantai kandang tersebut. Dengan begitu kondisi lantai tetaplah kering. Apabila lantai kandang kambing kerap dalam kondisi basah menyebabkan kambing jadi mudah terserang oleh penyakit dan itu bukanlah hal yang bagus.

Desain kandang kambing modern

Kandang yang cocok untuk menggemukkan kambing

Harga jual kambing tergantung dari seberapa gemuk kambing tersebut. Karena selain susu kambing yang dimanfaatkan adalah daging kambing, sama seperti ternak sapi. Jenis kandang yang tepat untuk penggemukan kambing memang adalah kandang kambing model panggung yang termasuk jenis kandang kambing modern. Artikel lainnya model rumah dengan warna hijau minimalis.

Untuk membuat model kandang panggung biaya yang dibutuhkan lebih banyak dengan yang non-panggung. Tetapi Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Ternak kambing jadi lebih bebas dari serangan penyakit dan keuntungan lain seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Bagian dalam kandang untuk kambing

Dinding

Untuk dinding kandang kambing modern. Gunakan gedek yang dibuat dari anyaman bambu. Kelebihan menggunakan gedek adalah lebih murah dan dapat menghemat total pengeluaran biaya pembuatan kandang kambing.