Denah rumah untuk lahan Memanjang


3:32 am

Saat Anda hendak membangun rumah, maka denah rumah pun harus disesuaikan dengan bentuk lahan yang Anda miliki. Sekarang karena harga lahan yang mahal, beberapa orang mungkin memiliki bentuk lahan memanjang. Seperti apakah lahan memanjang tersebut? Contohnya misal Anda hendak membangun rumah yang memiliki spec panjang 42,4 Meter, L depan 8,7 Meter, L belakang 10,4 Meter. Untuk luas totalnya adalah 406 Meter Persegi.

Sesungguhnya jika Anda memiliki lahan yang memanjang, bukanlah sebuah masalah besar. Jika luasnya sudah mencukupi, maka berbagai ruang di rumah pun bisa Anda bangun. Saat Anda membangun sebuah rumah di atas lahan memanjang maka salah satu hal yang harus mendapatkan perhatikan adalah layout rumah.

Ide denah rumah yang dibangun di lahan memanjang

Layout

Di sini Anda perlu memperhatikan layout untuk efisiensi dan efektivitas dari denah rumah yang Anda buat. Dengan begitu tak akan ada ruang sisa memanjang, yang dapat mengakibatkan kesan sempit.

Pembagian zona

Dalam pembuatan denah rumah di lahan yang memanjang juga dibutuhkan pembagian zona. Memang pembagian zona ini bukan sebuah hal yang wajib dilakukan, hanya dibuat untuk mempermudah saja.

Contoh penerapan pembagian zona ini yakni pada zona depan dibuat untuk ruang menerima tamu, garasi mobil, motor, dan gudang. Zona tengah digunakan untuk ruang yang sifatnya lebih privat, yakni ruang keluarga, ruang makan, kamar mandi, dan ruang tidur.

Denah Rumah bertingkat dibangun di lahan memanjang

Sekedar tips, setiap zona yang direncanakan dalam denah rumah sebaiknya dikelilingi dengan ruang terbuka. Contoh ruang terbuka adalah kolam dan taman. Adanya ruang terbuka tersebut akan membuat rumah menjadi lebih nyaman, karena mempunyai view lebih baik, pencahayaan yang lebih baik, dan penghawaan yang lebih baik juga.

Penempatan ruang jemur

Di dalam denah rumah, ada 1 ruang yang jangan sampai Anda lewatkan. Ruang tersebut yakni ruang jemur, ruang di mana Anda bisa menjemur pakaian.

Gambar denah rumah tipe 46

Ruang jemur harus ditempatkan pada lokasi yang bisa menerima sinar matahari yang sebanyak-banyaknya, dengan begitu jemuran pun dapat kering dengan cepat. Lokasi yang tepat untuk ruang jemur adalah di bagian atas dari kamar mandi. Untuk akses menuju ruang jemur bisa menggunakan tangga putar yang dipasang di taman kering. Ini hanya contoh saja, Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi di lahan Anda.

Penempatan ruangan harus hati-hati

Sering terjadi kesalahan orang-orang membuat denah rumah di mana penempatan ruangan menyerupai gerbong kereta api. Ini merupakan praktek pembuatan denah rumah yang buruk. Karena dapat dipastikan rumah Anda akan kurang nyaman apabila penyusunan ruangan dibuat seperti gerbong kereta api.

Denah rumah untuk di lahan memanjang

Anda juga harus berhati-hati dalam membuat denah rumah, khususnya jika lahan yang Anda miliki itu tidak memiliki sisi panjang dan lebar yang proporsional.

Lokasi dapur dan ruang makan

Dalam membuat denah rumah pada lahan yang cukup sulit ini karena bentuknya memanjang, ada hal yang harus Anda ingat. Jadi lokasi ruang dapur dengan ruang makan sebaiknya tidak berjauhan. Selain itu usahakan ruang dapur dan ruang makan ada di lokasi tengah atau belakang rumah, jangan di lokasi depan, karena nanti Anda akan kesulitan dalam menentukan tempat yang tepat untuk ruang tamu. Artikel lainnya konsep pernikahan outdoor.

Sebab tidak mungkin juga menempatkan ruang tamu pada bagian tengah, apalagi belakang rumah. Ruang tamu harus berada pada bagian depan rumah. Dekat dengan tempat parkir. Dengan begitu akan memudahkan tamu yang berkunjung ke rumah Anda.