Cara mengatasi masalah pada plafon rumah yang kerap terjadi


10:39 pm

Plafon adalah bagian yang pasti ada di setiap rumah. Plafon tentunya memiliki fungsi tersendiri, dan fungsi tersebut sangat vital bagi kenyamanan sebuah hunian. Karena itu Anda pasti membutuhkan plafon rumah baik untuk rumah sederhana hingga rumah mewah sekalipun.

Plafon rumah yang tidak rusak

Fungsi plafon rumah

Adapun fungsinya adalah untuk menutup bagian atas dari ruangan di dalam rumah. Setiap ruangan di sebuah rumah pasti ditutupi oleh plafon. Khususnya untuk rumah-rumah jaman sekarang. Memang di desa-desa masih ada beberapa rumah yang tidak menggunakan plafon karena keterbatasan dana, tetapi di kota besar 100% memakai plafon.

Bahan yang digunakan untuk membuat plafon rumah itu biasanya adalah PVC, papan gipsum, dan multipleks. Sama seperti bagian rumah yang lainnya, plafon pun juga memiliki resiko rusak. Ada macam-macam penyebab plafon rumah mengalami kerusakan. Dan sekarang itu akan menjadi pembahasan artikel kali ini.

Sambungan plafon yang retak

Memperbaiki bagian sambungan plafon yang retak

Retak sambungan plafon dapat Anda perbaiki. Itu bergantung pada keretakan yang terjadi parah atau tidak. Jika hanya retak rambut yang dialami maka Anda cukup memakai compound. Tutupi retakan pada plafon menggunakan bahan tersebut.

Tetapi apabila kondisi keretakan dari plafon rumah Anda sudah cukup parah, biasanya terjadi kesalahan di struktur plafon. Struktur melengkung dapat menjadi faktor penyebab plafon mengalami keretakan. Apabila memang kondisi tersebut yang terjadi pada plafon rumah Anda, maka Anda harus melakukan pembongkaran kemudian penggantian plafon dengan yang baru.

Bagaimana mengatasi masalah plafon terlihat bergelombang

Plafon yang terlihat bergelombang dan tidak rata juga kerap terjadi. Untuk masalah ini, berakar dari adanya kesalahan di rangka plafon. Yang harus dilakukan yakni pemasangan ulang.

Waterpass

Anda harus memperhatikan lurus tidaknya rangka plafon dengan waterpass …

Pada beberapa titik dapat Anda pasang penyangga di plafon. Tujuan memasang itu adalah menghilangkan gelombang yang ada. Untuk contoh penyangga yang dapat Anda gunakan antara lain kawat sling, kayu, dan besi hollow juga boleh.

Tetapi ini hanya dapat Anda lakukan untuk solusi sementara, bukan solusi permanen. Disarankan melakukan pembongkaran. Dengan begitu plafon rumah Anda akan dapat lurus kembali dan Anda tidak takut gelombang muncul kembali.

Mengatasi plafon berlumut

Pada musim hujan bisa terjadi genteng mengalami kebocoran. Jika genteng bocor maka rembesan air hujan akan masuk dan mengenai plafon. Karena itu plafon lama kelamaan dapat ditumbuhi lumut dan muncul noda berwarna hitam dan kehijauan. Tentunya itu dapat merusak interior rumah Anda. Lalu bagaimana solusinya?

Yang pertama tentu Anda harus memperbaiki atap yang bocor terlebih dahulu. Setelahnya plafon berlumut cukup Anda cat ulang. Dengan atap tidak bocor lagi maka plafon akan menjadi kering dan tidak ditumbuhi oleh lumut lagi, begitu pula noda mengganggu yang lainnya.

Rangka plafon rumah berbahan galvalum

Serangan rayap ke plafon

Jika plafon terserang rayap maka dapat mengeluarkan serbuk-serbuk. Plafon juga akan rusak. Resiko plafon terserang rayap itu ada karena memang bahan plafon adalah tripleks, yang merupakan makanan rayap.

Untuk mengatasi ini maka Anda harus memberikan penanganan dengan menyeluruh. Anda harus membasmi semua rayap hingga tuntas. Setelahnya baru Anda memperbaiki plafon yang sudah dimakan oleh rayap tersebut. Artikel lainnya dekorasi interior ruang tamu bergaya Victorian.

Anda harus melepas kemudian mengganti plafon dengan yang baru. Namun untuk plafon yang baru Anda gunakan material yang berbeda. Anda pilih material yang bebas dari rayap, contohnya adalah plafon PVC. Cara tradisional untuk membasmi rayap juga dapat Anda coba. Yakni dengan menggunakan oli.